KIR MAN 2 Tuban Melaju ke Tahap Selanjutnya pada OPSI 2024

0

Tuban, 19 April 2024. Tim KIR MAN 2 Tuban telah berhasil melangkah ke tahap penelitian pada kompetisi bergengsi, Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tahun 2024. Dalam upaya memperkuat eksplorasi pengetahuan, tim tersebut telah memfokuskan penelitian mereka pada bidang antropologi budaya di daerah Tuban, Jawa Timur.

Tim penelitian terdiri dari Dhafri Rahman Hidayat dan Wahyu Firda Khoirunnisa dengan dibimbing Muhammad Rofiul Alim. Penelitian memiliki nilai strategis yang tinggi karena mencakup aspek budaya yang kaya dan unik dari daerah Tuban. Melalui pendekatan antropologi, mereka berupaya untuk memahami lebih dalam tentang kehidupan masyarakat lokal, tradisi, serta dinamika sosial yang memengaruhi komunitas tersebut. Menurut Wahyu Firda Khoirunnisa, salah satu anggota tim, “Kami sangat bersemangat untuk dapat mempelajari lebih lanjut dan berkontribusi.”

Tim penelitian ini didukungan sepenuhnya oleh madrasah. Kepala MAN 2 Tuban, Drs. Tasmo, S.Pd., M.A. mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian ini, “Mereka adalah salah satu contoh luar biasa dari siswa kami.” Kompetisi OPSI Pusat Prestasi Nasional menjadi tempat bagi siswa-siswa seperti Dhafri Rahman Hidayat dan Wahyu Firda Khoirunnisa untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka dalam penelitian ilmiah. Melalui pendekatan yang komprehensif dan kolaboratif, mereka berharap dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam memperkaya pemahaman tentang budaya lokal dan memberikan solusi yang relevan terhadap tantangan sosial di lingkungan mereka.

Muhammad Rofiul Alim sebagai guru pembimbing menegaskan pentingnya partisipasi dalam kompetisi semacam ini, “bukan hanya tentang meraih prestasi, tetapi juga tentang proses pembelajaran yang berkelanjutan. Siswa-siswa kami telah menunjukkan dedikasi dan semangat yang luar biasa, dan saya yakin dengan potensi mereka.”

Dengan melangkah ke tahap penelitian dalam OPSI 2024, menumbuhkan budaya ilmiah. Dukungan terus-menerus dari sekolah, guru, dan keluarga madrasah menjadi dorongan besar bagi mereka untuk terus maju dalam mengejar pengetahuan dan pemahaman yang lebih dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *